Fungsi Developer Option dan Cara Pengaktifannya pada Android Device


Developer Option atau biasa disebut Opsi Pengembang adalah salah satu fitur yang ada pada system Android. Developer Option adalah sebuah sebuah pengaturan yang telah dibuat untuk membantu para pengembang aplikasi android saat mengoptimalkan aplikasi mereka dan mendeteksi jika ada sebuah kesalahan. Opsi Pengembang ini memiliki banyak sekali manfaat dan fungsi, diantaranya adalah :
Pointer Location: akan memberi informasi yang lebih akurat terhadap input yang dilakukan pengguna. Pointer location akan menampilkan informasi berupa koordinat layar yang terakhir kalian sentuh. Opsi ini sangat bermanfaat untuk para pengembang karena mereka perlu mengetahui titik sentuh yang mereka lakukan terakhir kali.
  • Show Touches: opsi ini berguna untuk menampilkan sentuhan kalian di layar android kalian.
  • Take bug repot: opsi yang berguna untuk mengumpulkan sebuah laporan tentang aplikasi yang kalian jalankan. Kalian bisa mengirim semua laporan yang kalian punya ke orang lain yang kalian inginkan.
  • Dekstop backup password: Sebuah pilihan yang bisa kalian gunakan untuk memasukan sandi yang kalian gunakan untuk merestore data yang sebelumnya telah kalian bacakup.
  • Stay awake: pilihan yang bisa kalian gunakan untuk membuat android kalian tetap menyala pada saat terhubung, baik itu terhubung dengan charging atau pun terhubung dengan kompter.
  • Enable Bluetooth HCI snoop log: pilihan yang digunakan untuk mengaktifkan fitur log Bluetooth Host Control Interfaces. Ini bisa berguna untuk mengetahui hubungan dan aktifitas apa saja yang telah dilakukan Bluetooth pada perangkat kalian.
  • USB debugging: Fitur ini digunakan untuk mengaktifkan debugging USB. Ini kalian butuhkan saat kalian menjalankan fitur Android Debug Bridge maupun fitur DDMS pada android kalian.
  • Allow mock location: pilihan ini digunakan untuk memasukan dan mengatur lokasi kalian dengan cara manual. Dengan ini kalian bisa memasukan lokasi kalian yang palsu, dengan menggunakan fitur ini kalian bisa menipu perangkat kalian seolah-olah kalian sedang berada pada tempat yang kalian masukan.
  • Select debug app: fitur ini digunakan untuk memilih aplikasi-aplikasi untuk melakukan debug. Fitur ini sangat berguna untuk memantau apakah aplikasi kalian sudah berjalan dengan baik dan atau belum.
  • Verify apps ver USB: Fitur ini memungkinkan google untuk melakukan suatu verifikasi pada aplikasi yang terpasang pada android kalian melalui computer. Hal ini sangat berguna bagi kalian yang mementingkan efeisiensi.

Cara Mengaktifkan Developer Option / Opsi Pengembang Pada Android

  1. Pertama silahkan kalian buka Pengaturan / Setting pada smartphone android kalian.
  2. Kemudian silahkan kalian scrool ke bawah dan tekan menu About Phone / Tentang Ponsel / Tentang Tablet.
  3. Setelah kalian masuk ke about phone tadi, silahkan kalian scrool ke bawah sekali lagi sampai kalian menemukan tulisan Nomor Bentukan atau Build Number.
  4. Setelah itu silahkan kalian tekan pada Build Number, maka akan muncul pesan berapa kali lagi kalian harus menekan build number tadi sampai kalian menjadi pengembang. Silahkan kalian tekan terus sampai memenuhi jumlah yang diminati.
  5. Pada beberapa merk ponsel mungkin memiliki cara yang berbeda. Contohnya pada ponsel xiaomi, pada ponsel xiaomi kalian bisa mengikuti cara pertama dan kedua namun untuk cara berikutinya, kalian harus menklik Versi MIUI / MIUI Version bukan mengklik build number. Setelah itu kalian akan menjadi pengembang.
Setelah kalian berhasil menjadi seorang pengembang / developer, silahkan kalian kembali ke dalam menu Setting utama dan kalian akan melihat sebuah pengaturan baru yang bernama Developer Option di dalam menu setting utama kalian. Jika kalian tidak menemukannya, kalian bisa mencarinya di dalam menu Pengaturan Tambahan / Additional Setting. Pada beberapa android kadang ada yang langsung menampilkan fitur pengembang ini, terutama bagi android yang masih menggunakan system operasi android 4.4 (kitkat).

0 Response to "Fungsi Developer Option dan Cara Pengaktifannya pada Android Device"

Post a Comment